Intip 5 Rahasia Ini Agar Dagangan Anda Laris Manis dan Mampu Bersaing

Berbisnis memang selalu memiliki risiko yang suatu saat bisa saja terjadi. Seperti kurang laku, dagangan kurang enak, lokasi kurang strategis hingga perhitungan keuangan Anda yang kurang tepat. Sehingga Anda perlu banyak belajar untuk bisa tahu berbagai rahasia dagangan laris manis namun bisa bersaing secara sehat.

Hal tersebut tidak semata-mata hanya bisa membuat dagangan Anda terkenal, tetapi juga agar Anda bisa menghindari kerugian. Nah, pebisnis seperti Anda yang masuk dalam kategori UMKM, sebaiknya harus mengetahui keinginan konsumen yang menjadi sasaran pasar Anda. Bukan tanpa alasan, hal tersebut perlu dilakukan, agar Anda bisa melihat tolak ukur bisnis yang Anda jalankan dengan efektif dan efisien.

Nah, bagaimana cara agar Anda bisa memahami keinginan konsumen? Berikut tips rahasianya:

Posisikan diri Anda Sebagai Pembeli atau Pelanggan

Penjual dan pembeli memang tidak bisa pisahkan. Ketika Anda menjadi pembeli Anda harus menghargai penjual, begitupun sebaliknya, ketika Anda menjadi penjual, Anda harus melayani dengan sepenuh hati. Dan tentunya, Anda harus merasakan bagaimana posisi diantara keduanya, sehingga Anda bisa merasakan dua sudut pandang yang berbeda, namun dengan tujuan yang sama. 

Ketika Anda menjadi pembeli, tanyakan pada diri Anda, apakah Anda membutuhkan produk tersebut, lalu hal apa yang paling Anda harapkan dari produk tersebut, pelayanannya, kemasannya, harganya, dan lain-lain, agar harapan Anda sebagai pembeli  bisa terpenuhi. 

Nah, dari hal tersebut, Anda jadi bisa tahu apa keinginan pelanggan, agar mereka bisa memberikan penilaian yang baik atas bisnis yang Anda jalankan. 

Baca Juga: Tingkatkan Motivasi Bisnis Dengan Tiru 4 Sifat Miliarder Ini

Lakukan Survei Untuk Memperoleh Data Akurat

Ketika Anda menjual produk, tentunya Anda harus tahu siapa saja yang akan menjadi calon pelanggan Anda. Dari segi usia, jenis kelamin, daerah dan lain-lain. Sehingga, sebelum itu, Anda perlu melakukan survei untuk mengetahui siapa saja yang menjadi data akurat terkait dengan bisnis produk yang akan Anda jual.

Untuk melakukan survei, Anda bisa melakukannya dengan cara survei daring (online). Dengan cara itu, Anda bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat dari segi apapun. 

Anda bisa menggunakan google docs untuk alat survei Anda. Tidak lupa untuk berikan hadiah, agar masyarakat berminat mengisi survei yang Anda buat.  

Bertanya Langsung Pada Pembeli Tentang Kepuasan Membeli Produk

Bertanya secara langsung kepada pelanggan Anda terkait produk yang Anda jual. Karena hal tersebut sangat membantu dan lumayan efisien. Meskipun beberapa jawaban ada yang menjawab negatif seperti sebuah kritikan, namun hal tersebut justru bisa membangkitkan semangat Anda untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebut saja, bagaimana dengan rasa, penyajian, kemasan, atau ukurannya, bahkan hingga harganya. Nah, jika Anda mengetahui di mana titik lemah dan titik baik Anda, baru Anda bisa memisahkan produk mana yang harus diperbaiki dan yang mana harus dipertahankan. 

Sediakan Paket Promo dan Diskon Untuk Produk Pilihan

Siapapun akan suka dengan promo atau potongan harga ketika membeli sesuatu. Dan Anda sebagai penjual pun juga harus bisa membuat kegiatan yang sama, agar pelanggan semakin tertarik dengan produk Anda. 

Selain menarik perhatian, adanya promo atau diskon juga bisa membuat produk anda cepat habis dan laku. Misalnya, Anda bisa adakan promo beli 2 gratis 1, atau potongan harga 20%, namun dengan syarat dan ketentuan.

Gunakan Data Statistik

Meskipun produk Anda sudah mulai dikenal, namun hal tersebut tidak bisa lepas kendali begitu saja, Anda harus tetap perhatikan kenaikan dan penurunan penjualan Anda. Nah, untuk mengetahuinya, Anda bisa gunakan data statistik tentang pelanggan Anda.

Data-data tersebut dikumpulkan dan akan tercipta angka statistik, yang bisa Anda lihat penurunan dan kenaikan penjualan Anda setiap harinya. Sehingga Anda menganalisa apa yang terjadi di dalam momen tertentu. Selain itu, dari data tersebut juga bisa memahami keinginan pelanggan dan apa yang belum bisa dipenuhi dari produk hingga pelayanan Anda.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa diterapkan bagi para pebisnis agar dagangan Anda bisa laris manis. Hal-hal di atas tentunya juga harus dibarengi dengan usaha yang konsisten, agar mencapai hasil yang maksimal. Untuk cara lainnya agar dagangan Anda laris manis, Anda bisa baca artikel selengkapnya, di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ini-rahasia-dagangan-online-bisa-laris-manis/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *